16 Klub akan berlaga di IPL musim depan - Boka Junior FC
Headlines News :
LAUNCHING BLOG, HARI MINGGU WAGE, TGL 07 OKTOBER 2012 M, 21 DZULQO'DAH 1433 H
Home » » 16 Klub akan berlaga di IPL musim depan

16 Klub akan berlaga di IPL musim depan


Setelah PT LPIS merilis jadwal kick off 9 Pebruari 2013 serta merencanakan peserta sejumlah 16 klub, publik mulai bertanya-tanya klub mana saja yang akan menjadi peserta kompetisi.
Menurut Moses Hutabarat, seorang pengamat sepakbola yang musim lalu menjadi bagian dari manajemen Persema Malang di kompetisi IPL, 10 klub yang bertahan di kompetisi IPL adalah; 1. Persebaya 2. Persibo 3. Persema 4. Persiba 5. Arema 6. Persiraja 7. Persija 8. PSM 9. Semen Padang 10. Persijap. Sementara 2 klub yang terkena degradasi adalah PSMS Medan serta Bontang FC.
Melihat perkembangan terakhir dimana Seman Padang dan Persijap akan eksodus ke ISL, maka yang tersisa tinggal; 1. Persebaya 2. Persibo 3. Persema 4. Persiba 5. Arema 6. Persiraja 7. Persija 8. PSM.
Selanjutnya Moses menambahkan, Jika benar PT LPIS merencanakan jumlah klub peserta adalah 16 tim, berarti masih ada sisa 8 slot lagi yang harus digenapi. Tentu saja 3 tim promosi; 9. Persepar 10. Perseman 11. Pro Duta, langsung mendapatkan tempat secara otomatis.
Tiket selanjutnya akan diberikan kepada 3 klub yang semula masih harus melakukan play off, yaitu; 12. PSIR 13. PSLS 14. Persbul, yang dengan kebijakan khusus juga mendapat tempat langsung di IPL, kata Moses.
Dua slot terakhir diprediksi Moses akan diberikan kepada 2 klub yang musim lalu seharusnya kena degradasi, yaitu; 15. Bontang 16. PSMS. Tapi khusus 2 slot terakhir ini Moses tak cukup yakin akan diberikan langsung kepada Bontang dan PSMS, karena jika kondisinya memungkinkan akan diadu dulu melalui playoff dengan tim-tim divisi utama peringkat ke-3 tiap grup musim lalu.
Sehingga daftar lengkap 16 klub peserta IPL musim kompetisi 2013 menurut prediksi Moses adalah sbb; 1. Persebaya 2. Persibo 3. Persema 4. Persiba 5. Arema 6. Persiraja 7. Persija 8. PSM 9. Persepar 10. Perseman 11. Pro Duta 12. PSIR 13. PSLS 14. Persbul 15. Bontang 16. PSMS.
Meski beberapa klub adalah muka-muka baru yang namanya belum begitu populer di pentas sepakbola nasional, Moses yakin kompetisi IPL akan berjalan ketat dan seru, serta akan menghasilkan pemain-pemain bagus yang sebelumnya tidak dikenal. PSSI akan memanen hasil berupa berlimpahnya stok database pemain potensial di 16 klub tersebut yang bisa dipanggil menjadi skuad timnas.
Banyak bakat-bakat bagus di republik ini yang tinggal diasah sudah jadi pemain berkualitas. Tapi selama ini mereka tak mendapat kesempatan yang layak akibat klub lebih percaya pemain bernama besar meski sudah uzur karena dianggap menang pengalaman. Kali ini IPL akan membalikkan kelemahan (weakness) menjadi kekuatan (strengh), demikian kata Moses
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Boka Junior FC - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template